Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024

Penerimaan Peserta Didik Baru, PPDB SDN 3 Nyalian, Tahun Pelajaran 2023/2024, Tahapan PPDB, Persyaratan Pendaftaran, Seleksi Calon Peserta Didik, Seleksi, Verifikasi, Pengumuman Hasil Seleksi, Daftar Kembali, Ulang Peserta Didik, Pentingnya PPDB, Apresiasi PPDB, SDN 3 Nyalian
Sumber gambar: Pixabay

Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024. Selamat datang di Website SDN 3 Nyalian!. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SDN 3 Nyalian untuk tahun pelajaran 2023/2024.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai susunan panitia, tahapan-tahapan PPDB, persyaratan pendaftaran, pelaksanaan seleksi/ verifikasi, pengumuman hasil seleksi, dan prosedur daftar ulang peserta didik baru.

Panitia PPDB SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024

▪︎ Susunan Panitia PPDB

Untuk melaksanakan tugas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024, maka pada hari Sabtu, tanggal 10 Juni 2023 dibentuk Panitia yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah, 421.2/75/SKep/NYL.3/VI/ 2023.

Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024 bertanggung jawab untuk mengorganisir dan melaksanakan proses penerimaan siswa baru di sekolah tersebut. Panitia ini terdiri dari anggota-anggota yang ditunjuk oleh pihak sekolah, biasanya melibatkan para guru dan staf pegawai.

Adapun Susunan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah sebagai berikut.

NO NAMA JABATAN KET
DINAS PANITIA
1 Ni Luh Budha Resini,S.Pd.SD Kepsek Penanggung Jawab -
2 I Dewa Ayu Sri Mahartini,S.Pd.SD Guru Ketua Panitia -
3 Putu Yogi Sudyatmika,S.Pd Guru Sekretaris 1 -
4 I Dewa Gede Dwi Putra Staf Sekretaris 2 -
5 Ni Komang Trisna Dewi,S.Pd.SD Guru Bendahara -
6 Ni Wayan Krismayanti,S.Ag Guru Anggota -
7 I Nyoman Danayasa,S.Pd Guru Anggota -
8 Gusti Nyoman Nyeneng Staf Anggota -
9 Ni Kadek Diana Sari,S.Pd Guru Anggota -
10 I Wayan Angga Karsana,S.Pd Guru Anggota -
11 Ni Wayan Manik Wiryaningsih,S.Pd Guru Anggota -

▪︎ Rincian Tugas Panitia PPDB

Tugas utama panitia PPDB adalah memastikan kelancaran proses pendaftaran, seleksi, dan pengumuman hasil seleksi calon peserta didik baru. Mereka juga bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang jelas mengenai persyaratan pendaftaran, tahapan seleksi, dan prosedur daftar ulang kepada calon peserta didik dan orang tua/wali.

Panitia PPDB SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024 berkomitmen untuk menjalankan tugasnya dengan profesionalisme, transparansi, dan memberikan pelayanan yang baik kepada semua pihak yang terlibat dalam PPDB. Mereka siap menjawab pertanyaan, memberikan bantuan, dan memastikan proses penerimaan siswa baru berjalan dengan lancar dan adil.

Selengkapnya Pembagian Tugas Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024 secara rinci sebagai berikut.

1.Penanggung JawabBertanggung jawab atas seluruh rangkaian kegiatan PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 di SD Negeri 3 Nyalian, sehingga berjalan dengan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
2.Ketua PanitiaMengkoordinir, mengarahkan, mengawasi dan mengevaluasi kegiatan PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 di SD Negeri 3 Nyalian.
3.SekretarisMenyusun program kerja, mempersiapkan administrasi baik perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan kegiatan PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 di SD Negeri 3 Nyalian.
4.BendaharaBertanggung jawab atas pemasukan dan pengeluaran keuangan PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 di SD Negeri 3 Nyalian.
5.AnggotaMembantu kelancaran kegiatan PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 di SD Negeri 3 Nyalian.

▪︎Jadwal Piket Panitia PPDB

Selain itu, panitia PPDB juga bertugas untuk menjadwalkan kegiatan piket yang melibatkan seluruh dewan guru dan staf pegawai.

Tujuan piket panitia adalah memastikan adanya petugas yang siap membantu dan memberikan informasi kepada calon peserta peserta didik dan orang tua/wali yang datang ke sekolah selama proses PPDB.

Berikut adalah Jadwal Piket Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024.

NO HARI/ TANGGAL WAKTU NAMA PANITIA KET
1 Senin, 19-06-2023 08.00 s.d 11.00 Wita Seluruh Guru dan Staf Pegawa
Pendaftaran & Seleksi
2 Selasa, 20-06-2023 08.00 s.d 11.00 Wita Seluruh Guru dan Staf Pegawa Pendaftaran & Seleksi
3 Rabu, 21-06-2023 08.00 s.d 11.00 Wita Seluruh Guru dan Staf Pegawa Pendaftaran & Seleksi
4 Kamis, 22-06-2023 08.00 s.d 11.00 Wita Seluruh Guru dan Staf Pegawa Pengumuman
5 Jum'at, 23-06-2023 08.00 s.d 11.00 Wita Seluruh Guru dan Staf Pegawa Daftar Ulang
6 Sabtu, 24-06-2023 08.00 s.d 11.00 Wita Seluruh Guru dan Staf Pegawa Daftar Ulang

Harap dicatat bahwa jadwal piket panitia ini dapat berubah atau diperbarui sesuai kebijakan sekolah. Pastikan untuk menghubungi pihak sekolah atau panitia PPDB SDN 3 Nyalian untuk mendapatkan informasi terbaru terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024.

Tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

▪︎ Pengumuman PPDB

Tahapan pertama dalam PPDB SDN 3 Nyalian adalah pengumuman PPDB. Pengumuman ini akan disampaikan melalui media resmi sekolah baik berupa surat, website, dan akan mencakup informasi penting seperti, persyaratan pendaftaran, pelaksanaan seleksi/ verifikasi, pengumuman hasil seleksi, dan prosedur daftar ulang/kembali.

▪︎ Persyaratan Pendaftaran

Untuk mendaftar di SDN 3 Nyalian, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Calon peserta didik baru harus menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Selain itu, juga akan ditentukan batas waktu pendaftaran dan prosedur pendaftaran yang harus diikuti.

Selengkapnya mengenai alur mekanisme pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Daru (PPDB) SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah sebagai berikut.

1.Pendaftaran PPDB SD/MI dilaksanakan oleh satuan pendidikan secara serentak dan terpadu menggunakan sistem aplikasi Online yang dikoordinir oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kab. Klungkung.
2.Pendaftaran siswa dari TK ke SD dilakukan oleh Kepala TK masing-masing dengan membawa formulir dan persyaratan yang telah ditentukan ke SD sesuai Zonasi-nya, atau mendaftar secara mandiri melalui laman: https://ppdbklungkung.com/login.
3.Pendaftaran calon peserta didik baru Kelas I, diutamakan telah berusia paling rendah 6 (enam) tahun terhitung mulai tanggal : 01 Juli 2023 (dibuktikan dengan Akta Kelahiran).
4.Pengecualian usia minimal masuk SD dapat dikecualikan untuk calon peserta didik baru berumur 5 tahun 6 bulan per 01 Juli tahun berjalan, jika calon peserta didik baru yang bersangkutan mempunyai kriteria seperti: kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis. Kedua kriteria tersebut juga perlu dibuktikan melalui rekomendasi tertulis dari psikolog profesional. Apabila tidak ada psikolog profesional, maka rekomendasi bisa diberikan oleh Dewan Guru Sekolah yang bersangkutan.
5.Tidak dipersyaratkan telah mengikuti TK/bentuk lain yang sederajat.
6.
Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran (Format M-1) yang disediakan Panitia dan membawa fotocopy KK/Surat Keterangan Domisili, fotocopy Akta Kelahiran/ Surat Keterangan Lahir, dan Pas Foto ukuran 3x4 sebanyak 1 lembar.
7.Bagi calon peserta didik baru tamatan TK/bentuk lain yang sederajat, agar membawa fotocopy Ijasah/Surat Keterangan Tamat (dilegalisir).
8.Calon peserta didik dari TK ke SD melalui jalur Zonasi dapat memilih 2 sekolah dengan ketentuan pilihan 1 (satu) di wilayah Zonasinya yang sudah ditentukan dan pilihan 2 (dua) diluar Zonasinya tetapi masih dalam satu Desa.
9.Seluruh berkas pendaftaran dimasukan pada Stofmap warna merah.

▪︎ Pelaksanaan Pendaftaran

Berdasarkan hasil rapat Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Staf Pegawai di SD Negeri 3 Nyalian dan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Klungkung Nomor : 421.2/2463/ Disdikpora, tanggal 5 Juni 2023 tentang PÄ—tunjuk Pelaksanaan dan PÄ—tunjuk TÄ—knis (Juknis) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2023/2024, maka Pendaftaran PPDB SDN 3 Nyalian, baik melalui jalur Zonasi, Afarmasi, dan Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali dilaksanakan pada:

a.

Hari/ Tanggal

:

Senin, 19 s/d Rabu, 21 Juni 2023

b.

Waktu

:

08.00 s/d 11.00 Wita

c.

Tempat

:

Ruang Guru SDN 3 Nyalian

SDN 3 Nyalian memiliki ruang belajar 6 (enam) lokal dan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru Kelas I, direncanakan akan menerima semua pendaftar calon peserta didik berusia paling rendah 6 (enam) tahun.

Apabila tidak memenuhi kuato, maka telah berusia 5 (lima) tahun sampai dengan kurang dari 6 (enam) tahun dapat dipertimbangkan sampai dengan batas daya tampungnya terpenuhi sesuai standar pelayanan minimal (SPM) pendidikan dasar.

▪︎ Seleksi Calon Peserta Didik

Setelah pendaftaran, calon peserta didik akan mengikuti proses seleksi. Metode seleksi yang digunakan akan dijelaskan dalam pengumuman PPDB. Pihak sekolah akan menetapkan kriteria yang berlaku untuk memilih peserta didik baru yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Pelaksanaan Seleksi/ Verifikasi

Seleksi/Verifikasi merupakan tahap penting dalam PPDB SDN 3 Nyalian. Adapun tahap pelaksanaan Seleksi/ Verifikasi dan Registrasi Penerimaan Peserta Didik Daru (PPDB) SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah sebagai berikut.

a.Seleksi/Verifikasi calon peserta didik baru kelas 1 (satu) dilakukan dari Pihak Sekolah dengan Penanggung jawab Lingkungan Lokal berdasarkan pertimbangan Usia dan Zonasi serta kriteria lain yang ditetapkan oleh Juknis PPDB di Kabupaten Klungkung Tahun Pelajaran 2023/2024.
b.Sistem Zonasi (Jalur Lingkungan Lokal) untuk PPDB ditetapkan oleh Pemerintah Daerah dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
c.Seleksi calon peserta didik baru dilaksanakan setiap hari dan diumumkan secara terbuka satu hari setelah pendaftaran kecuali pada pendaftaran hari terakhir.

Pengumuman Hasil Seleksi

Setelah proses seleksi selesai, pengumuman hasil seleksi akan dilakukan. Informasi mengenai waktu pengumuman, cara pengumuman, dan peserta yang diterima akan disampaikan kepada peserta didik dan orang tua/wali. Pengumuman ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu, karena menentukan siapa saja yang berhak menjadi peserta didik baru di SDN 3 Nyalian.

Adapun jadwal dan ketentuan Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Daru (PPDB) SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah sebagai berikut.

a.Pengumuman penerimaan bagi calon peserta didik baru akan dilaksanakan pada tanggal : 22 Juni 2023Pukul; 08.00 Wita dan bisa dilihat langsung di sekretariat PPDB SDN 3 Nyalian.
b.Calon peserta didik yang diterima merupakan calon peserta didik yang dinyatakan Lulus dalam Seleksi penerimaan.

Daftar Ulang Peserta Didik

Setelah pengumuman hasil seleksi, peserta didik yang diterima harus melakukan daftar ulang. Proses daftar ulang melibatkan beberapa prosedur yang harus diikuti. Waktu dan tempat daftar ulang akan ditentukan oleh sekolah.

▪︎ Prosedur Daftar Ulang

Proses daftar ulang melibatkan pengisian formulir pendaftaran ulang dan penyerahan dokumen-dokumen tambahan yang mungkin diperlukan oleh sekolah.

Orang tua/wali peserta didik baru harus melengkapi formulir dengan data yang valid dan akurat. Dokumen yang biasanya diminta adalah fotokopi Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, dan dokumen lainnya.

• Waktu dan Tempat Daftar Ulang

SDN 3 Nyalian akan menetapkan jadwal khusus untuk proses daftar ulang peserta didik baru. Informasi mengenai waktu dan tempat daftar ulang akan diumumkan setelah pengumuman hasil seleksi. Penting bagi orang tua/wali untuk mematuhi jadwal yang telah ditetapkan agar proses daftar ulang dapat berjalan lancar.

Adapun waktu dan ketentuan Pendaftaran Ulang/ Kembali Penerimaan Peserta Didik Daru (PPDB) SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah sebagai berikut.

a.Daftar ulang akan dilaksanakan pada tanggal : 23 s/d 24 Juni 2023, Pukul : 08.00 s/d 11.00 Wita, Tempat : di Ruang Guru SDN 3 Nyalian.
b.Calon peserta didik yang diterima wajib mendaftar ulang/kembali sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
c.Kepada para calon peserta didik baru yang dinyatakan diterima, harus segera melaksanakan Registrasi sesuai dengan jadwal, persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Awal Masuk Sekolah

Berdasarkan Kalender Pendidikan Provinsi Bali, Hari pertama masuk sekolah SDN 3 Nyalian pada Tahun Pelajaran 2023/2024 akan dilaksanakan pada hari Senin, 10 Juli 2023.

Bagi rekan-rekan yang butuh surat/ dokumen penting terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Klungkung Tahun Pelajaran 2023/2024, silahkan unduh pada tautan link yang tercantum dibawah ini.

  • Keputusan Bupati Klungkung Nomor: 203/07/HK/2023 tentang Penetapan Jalur Pendaftaran PPDB Pada Wilayah Zonasi Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Klungkung Tahun Pelajaran 2023/2024 (KLIK DISINI)
  • Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung Nomor: 421.2/2463/ Disdikpora tentang Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis (JÚKNIS) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TK, SD, SMP di Kabupaten Klungkung Tahun Pelajaran 2023/2024 (KLIK DISINI)

  • Surat Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung Nomor: 400.3.5/2582/ Disdikpora tentang Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Klungkung Tahun Pelajaran 2023/2024 (KLIK DISINI)

Pentingnya PPDB SDN 3 Nyalian

PPDB SDN 3 Nyalian memiliki peran penting dalam menciptakan sistem penerimaan peserta didik yang adil dan transparan. Dengan adanya tahapan seleksi yang objektif, sekolah dapat memilih peserta didik baru yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Hal ini akan memastikan bahwa peserta didik yang diterima memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Selain itu, PPDB juga membantu sekolah dalam mengatur jumlah peserta didik yang optimal sesuai dengan kapasitas dan sumber daya yang tersedia. Dengan demikian, sekolah dapat menyediakan lingkungan belajar yang kondusif dan memberikan perhatian yang memadai kepada setiap peserta didik.

Melalui proses PPDB yang transparan, sekolah juga dapat membangun kepercayaan antara pihak sekolah, orang tua/wali, dan masyarakat. Orang tua/wali peserta didik baru dapat merasa yakin bahwa seleksi dilakukan secara objektif dan adil, sehingga keputusan penerimaan didasarkan pada potensi peserta didik dan kriteria yang telah ditetapkan.

Apresiasi terhadap Kegiatan PPDB SDN 3 Nyalian

Kami mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada SDN 3 Nyalian atas pelaksanaan PPDB yang terstruktur dan profesional. Melalui kegiatan ini, sekolah telah menunjukkan komitmen dalam menciptakan sistem penerimaan peserta didik yang berkualitas dan berkeadilan. Pendekatan transparan dan objektif dalam proses seleksi serta pengumuman hasil seleksi yang tepat waktu adalah langkah yang sangat penting untuk memastikan kesuksesan PPDB.

Kami juga ingin memberikan penghargaan kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PPDB, termasuk panitia baik kepala sekolah, guru, dan staf sekolah, serta pihak yang mendukung proses administratif. Keterlibatan dan kerja keras mereka telah memberikan kontribusi besar dalam menjalankan PPDB dengan baik.

Kesimpulan

PPDB SDN 3 Nyalian untuk tahun pelajaran 2023/2024 merupakan kegiatan penting bagi calon peserta didik baru dan orang tua/wali. Tahapan-tahapan seperti pengumuman PPDB, persyaratan pendaftaran, seleksi calon peserta didik, pelaksanaan seleksi/verifikasi, pengumuman hasil seleksi, dan prosedur daftar ulang harus dipahami dengan baik, serta pentingnya PPDB dan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Dengan mengetahui informasi ini, peserta dan orang tua/wali dapat mempersiapkan diri dan mengikuti proses PPDB dengan lancar.

Selain itu, dengan adanya PPDB yang terstruktur dan transparan, SDN 3 Nyalian berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan memastikan setiap peserta didik mendapatkan kesempatan yang adil. Kami berharap agar PPDB ini berjalan dengan sukses dan semua peserta didik baru dapat menikmati pengalaman belajar yang bermakna di SDN 3 Nyalian.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai kegiatan PPDB SDN 3 Nyalian. Kami berharap artikel ini memberikan pemahaman yang jelas dan berguna bagi Anda. Tetaplah mengikuti perkembangan terbaru mengenai PPDB dan jangan ragu untuk berpartisipasi dalam kegiatan sekolah lainnya. Semoga PPDB ini sukses dan memberikan kesempatan yang adil bagi semua calon peserta didik baru. Sampai jumpa di artikel-artikel kami selanjutnya!.

Demikian informasi tentang Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024 ini. Terima kasih telah berkunjung, sebelum ditutup jangan lupa klik Follow dan Share. Semoga Bermanfaat. Salam Gema Santi. Salam Edukasi..!!!

Post a Comment for "Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024"