Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka: Bab 1 Nilai-Nilai dalam Kitab Ramayana

Soal Agama Hindu, Pendidikan Agama Hindu, Budi Pekerti, SD Kelas 4, Kurikulum Merdeka, Materi Pembelajaran, Contoh Soal, Implementasi Kurikulum Merdeka, Pengembangan Budi Pekerti, Karakter Anak-Anak, Pembelajaran Kreatif, Inovasi Pembelajaran, Toleransi Agama.
"Ilustrasi seorang guru sedang menyusun Soal Agama Hindu SD Kelas IV Bab 1." (Sumber: Pixabay).

Soal Agama Hindu Bab 1 Nilai-Nilai dalam Kitab Ramayana, Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti merupakan dua aspek penting dalam pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar. Kurikulum Merdeka telah memberikan kesempatan untuk lebih mengembangkan materi dan metode pembelajaran dalam kedua bidang ini.

Artikel ini akan membahas tentang Kitab Ramayana dan Nilai-Nilai Dharma dalam Ramayana, disertai dengan Soal Agama Hindu untuk menguji pemahaman siswa SD Kelas 4."

Implementasi Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan pada guru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang kreatif dan menarik dalam Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti.

Penggunaan teknologi, pembelajaran berbasis proyek, dan keterlibatan siswa aktif adalah beberapa inovasi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti.

Bab 1: Nilai-Nilai dalam Kitab Ramayana

Berikut adalah materi Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka untuk Bab 1 "Nilai-Nilai dalam Kitab Ramayana" yang isinya terbagi dalam subbagian sebagai berikut:

1. Pengenalan Kitab Ramayana

Memberikan pemahaman dasar tentang Kitab Ramayana, termasuk penulisnya dan asal-usulnya.

2. Ikhtisar Singkat Ramayana

Menyajikan ringkasan singkat kisah dalam Kitab Ramayana, mengenalkan karakter-karakter utama dan konflik utamanya.

3. Nilai-Nilai Dharma dalam Ramayana

Membahas konsep nilai-nilai Dharma dalam konteks cerita Ramayana dan contoh-contohnya dalam kisah tersebut.

4. Penerapan Nilai-Nilai Dharma dalam Kehidupan Sehari-hari

Menjelaskan bagaimana nilai-nilai Dharma yang terdapat dalam Kitab Ramayana dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Adapun rangkuman mengenai Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka untuk Bab 2 "Nilai-Nilai dalam Kitab Ramayana" yang dikutip dari Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SD Kelas IV, Kurikulum Merdeka, yang diterbitkan oleh Kemdikbud Ristek dan Kementerian Agama adalah sebagai berikut

°°°SELAMAT BEKERJA°°°

I. PILIHAN GANDA

Berilah dengan tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d yang merupakan jawaban paling tepat!.

1. Dalam kisah Ramayana, terdapat seorang raja dari kerajaan Kosala yang memiliki tiga permaisuri adalah bernama....

 a. Dasaratha

 b. Bharata

 c. Ramā

 d. Laksmana

2. Ramā adalah putra mahkota dari raja Dasaratha. Ibu Kandung Ramā atau permaisuri pertama raja Dasaratha adalah....

 a. Dewi Kekayi

 b. Dewi Sita

 c. Dewi Kosalya

 d. Dewi Sumitra

3. Sebelum mempelajari Veda, terlebih dahulu harus mempelajari Kitab Ramayana dan Mahabharata. Kitab Ramayana dalam Veda termasuk bagian dari....

 a. Purana

 b. Cerita

 c. Veda

 d. ItihĆ£sa

4. Bahasa yang digunakan dalam Kitab Ramayana adalah bahasa....

 a. India

 b. Sanskerta

 c. Indonesia

 d. Bali

5. Kata Ramayana berasal dari kata “Ramā” dan “Ayana” yang artinya....

 a. Perjalanan Dasaratha

 b. Perjalanan Ramā

 c. Pengasingan Ramā

 d. Ramā Awatara Wisnu

6. Ramayana adalah sebuah kisah atau cerita kepahlawanan yang digubah oleh....

 a. Resi Walmiki

 b. Wiswamitra

 c. Wyasa

 d. Wasistha

II. PILIHAN GANDA KOMPLEKS

Berilah dengan tanda silang () pada jawaban yang benar (jawaban bisa lebih dari 1)!.

7. Dalam cerita Ramayana ada tokoh yang baik dan juga ada tokoh yang tidak baik. Yang bukan termasuk tokoh baik berikut ini adalah....

šŸ”²Ramā
šŸ”²Kumbakarna                          
šŸ”²Rahwana
šŸ”²Kekayi

8. Menghormati para Dewa, menghormati para leluhur, memiliki sifat bijaksana, pemberani, dan jujur, merupakan ciri yang dimiliki oleh tokoh dhārma dalam kisah Ramayana yaitu....

šŸ”²Dasaratha
šŸ”²Rahwana
šŸ”²Ramā
šŸ”²Laksmana                                 

9. Tokoh yang melambangkan kegagahan dan keberanian, kesetiaan, kepatuhan, pengendalian diri, dan kecerdasan adalah....

šŸ”²Subali
šŸ”²Laksmana                            
šŸ”²Hanuman
šŸ”²Anggada

10. Nilai-nilai dhārma dalam cerita Ramayana yang patut ditiru dalam kehidupan sehari-hari adalah …

šŸ”²Kasih sayang
šŸ”²Penghormatan.                       
šŸ”²Ketidakadilan
šŸ”²Asusila

11. Dasaratha adalah seorang raja dari kerajaan Kosala. Dasaratha juga merupakan ayah dari Ramā. Raja Dasaratha melambangkan  nilai dhārma antara lain: menghormati para Dewa, menghormati para leluhur, memiliki sifat bijaksana, pemberani, dan jujur.

Cermati pernyataan di atas, berilah dengan tanda silang () pada pilihan dibawah yang sesuai dengan isi bacaan!.

šŸ”²Raja Dasaratha menghormati para Dewa dan leluhurnya
šŸ”²Dasaratha adalah ayah Rama
šŸ”²Ramā memiliki sifat bijaksana, pemberani, dan jujur
šŸ”²Dasaratha adalah seorang raja dari Kerajaan Kosala

12. Dewi Sita adalah istri dari Ramā. Sosok Dewi Sita melambangkan kesetiaan, kesucian, ketetapan hati, kokoh terhadap pendirian, tidak mudah goyah dari goncangan dan tantangan, bahkan bahaya yang menghadang. Dewi Sita juga memiliki sifat setia dan berbhakti kepada suaminya (Ramā).

Cermati pernyataan di atas, berilah dengan tanda silang () pada pilihan dibawah yang tidak sesuai dengan isi bacaan!.

šŸ”²Dewi Sita melambangkan kesetiaan dan kesucian
šŸ”²Dewi Sita adalah istri dari Rama
šŸ”²Dewi Sita memiliki sifat bijaksana, pemberani, dan jujur
šŸ”²Dewi Sita adalah permaisuri raja dari Kerajaan Kosala

13. Ramā adalah sosok anak yang tulus dan berbhakti kepada orang tuanya. Kalian juga harus tulus dan berbhakti kepada orang tua kalian, sebab apapun yang kalian lakukan tidak akan berhasil tanpa restu dari orang tua. Ketulusan kepada orang tua dapat dilakukan dengan cara belajar secara sunguh-sungguh dan tekun, menaati semua nasehat orang tua dan menjadi anak yang Suputra.

Cermati pernyataan di atas, berilah dengan tanda silang () pada pilihan dibawah yang sesuai dengan isi bacaan!.

šŸ”²Ramā menjadi anak yang Suputra 
šŸ”²Apapun yang Ramā lakukan tidak akan berhasil tanpa  restu orang tua 
šŸ”²Aku harus belajar secara sunguh-sungguh dan tekun
šŸ”²Aku harus tulus dan berbakti kepada orang tuaku

14. Dalam Ramāyana, nilai YajƱa yang dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari antara lain Manusa YajƱa, dapat dilihat pada saat Bharata melaksanakan upacara penobatan menjadi Raja. Pitra YajƱa, menggambarkan bagaimana sikap Ramā yang berbakti kepada ayahnya dengan menaati sumpah ayahnya, hingga akhirnya Dasaratha dikremasi. Dewa YajƱa, digambarkan pada saat Dewi Sita melakukan pemujaan pada Dewa Agni dan pada saat Raja Dasaratha memohon keturunan ia melaksanakan Homa YajƱa. 

Cermati pernyataan di atas, berilah dengan tanda silang () pada pilihan dibawah yang sesuai dengan isi bacaan!.

šŸ”²Nilai YajƱa dalam Ramāyana yaitu Manusa, Pitra, dan Dewa YajƱa 
šŸ”²Ramā melaksanakan upacara penobatan menjadi raja
šŸ”²Dasaratha melaksanakan Homa YajƱa
šŸ”²Aku harus tulus dan berbakti kepada orang tua

15. Kitab Ramāyana adalah bagian dari itihāsa. Itihāsa merupakan bagian dari kesusastraan Hindu. Kitab Ramayana menggunakan bahasa Sanskerta. Kata Ramayana berasal dari kata ‘Ramā’ dan ‘Ayana’ yang berarti ‘Perjalanan Ramā’. Dalam cerita Ramayana ada tokoh yang baik (dharma) dan ada juga tokoh yang tidak baik (adharma). Tokoh yang baik patut ditiru dan tokoh yang tidak baik tidak patut untuk ditiru.

Cermati pernyataan di atas, berilah dengan tanda silang () pada pilihan dibawah yang tidak sesuai dengan isi bacaan!.

šŸ”²Kitab Ramāyana menggunakan bahasa Sanskerta
šŸ”²Tokoh yang tidak baik dalam Ramāyana patut ditiru
šŸ”²Itihāsa bukan merupakan bagian dari kesusastraan Hindu
šŸ”²Ramāyana artinya perjalanan Rama

III. URAIAN

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!.

  1. Jelaskan pengertian Ramayana!.
  2. Tulislah cerita singkat dari masing-masing Kandā dalam kitab Ramayana!.
  3. Sebutkanlah nama-nama tokoh dhārma dalam cerita Ramayana!.
  4. Tulislah nilai dhārma dari tokoh Dasaratha, Ramā, dan Hanuman!.
  5. Tulislah contoh penerapan nilai-nilai dhārma dari cerita Ramayana dalam kehidupan sehari-hari!.

°°°SEMOGA SUKSES°°°

Kesimpulan

Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SD Kelas 4 memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak-anak.. Dengan demikian, artikel ini memberikan gambaran tentang pentingnya pendidikan agama Hindu dan budi pekerti di SD Kelas 4, serta bagaimana Kurikulum Merdeka mendukung perkembangan pembelajaran di kedua bidang ini.

Semoga artikel Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka untuk Bab 1 "Nilai-Nilai dalam Kitab Ramayana" ini bermanfaat dan memberikan wawasan yang mendalam tentang materi Nilai-Nilai dalam Kitab Ramayana. Salam Gema Santi. Salam Pancasila. Salam Edukasi..!!!

⚠️DISCLAIMER:

  1. Soal Agama Hindu Bab 1 ini kami rangkum dari Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SD Kelas IV, yang ditulis oleh Komang Edi Putra dan diterbitkan oleh Kemdikbud Ristek dan Kementerian Agama, 2021.
  2. Tujuan dibuat soal Agama Hindu Bab 1 dalam artikel ini adalah untuk membantu guru dan siswa kelas 4 dalam Penilaian Formatif dan Penilaian Sumatif di SDN 3 Nyalian.
  3. Kunci jawaban soal Agama Hindu Bab 1 dalam artikel ini bersifat privasi (Dok. Pribadi SDN 3 Nyalian).

Post a Comment for "Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka: Bab 1 Nilai-Nilai dalam Kitab Ramayana"