Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka: Bab 2 Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai Cadhu Sakti

Soal Agama Hindu Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa, Cādhu Sakti, Pendidikan Agama Hindu, Budi Pekerti, SD Kelas 4, Kurikulum Merdeka, Wibhu Sakti, Prabhu Sakti, Jnana Sakti, Kriya Sakti, Latihan Soal, Karakter Siswa, Nilai Agama Hindu, Pembentukan Karakter, Hinduisme, Energi dalam Hinduisme
"Ilustrasi seorang guru sedang menyusun Soal Agama Hindu SD Kelas IV Bab 2." (Sumber: Pixabay).

Soal Agama Hindu Bab 2 Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai Cādhu Sakti, Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. Pendidikan Agama Hindu memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan budi pekerti siswa. Salah satu konsep kunci dalam Agama Hindu adalah Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa dalam berbagai bentuk Sakti, salah satunya adalah Cādhu Sakti.

Artikel ini akan membahas tentang pengertian Cādhu Sakti, bagian-bagiannya, dan pentingnya dalam membentuk budi pekerti, disertai dengan Soal Agama Hindu untuk menguji pemahaman siswa SD Kelas 4."

Pentingnya Cādhu Sakti dalam Kurikulum Merdeka

Cādhu Sakti tidak hanya memengaruhi pemahaman agama Hindu, tetapi juga membentuk karakter siswa. Dalam Kurikulum Merdeka, siswa diajarkan untuk mengembangkan budi pekerti yang baik, dan pemahaman tentang Cādhu Sakti dapat membantu mereka mencapai tujuan ini.

Bab 2: Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai Cādhu Sakti

Berikut adalah materi Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka untuk Bab 2 "Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai Cādhu Sakti" yang isinya terbagi dalam subbagian yang meliputi:

Definisi Cādhu Sakti

Cādhu Sakti adalah salah satu aspek Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa dalam agama Hindu. Ini merujuk pada kekuatan atau energi yang ada dalam alam semesta dan juga dalam diri manusia.

Pemahaman tentang Cādhu Sakti sangat penting dalam Pendidikan Agama Hindu karena hal ini membantu siswa untuk mengembangkan budi pekerti yang baik. Cādhu Sakti memengaruhi perilaku dan tindakan kita sehari-hari.

Bagian-Bagian Cādhu Sakti

Cādhu Sakti terdiri dari beberapa 4 (empat) bagian yang saling terkait. Berikut penjelasan singkat tentang setiap bagian:

1. Wibhu Sakti

Wibhu Sakti adalah aspek Cādhu Sakti yang melibatkan pemahaman tentang keberadaan Hyang Widhi Wasa yang luas dan melingkupi segala sesuatu. Ini membantu siswa untuk merasa terhubung dengan alam semesta.

2. Prabhu Sakti

Prabhu Sakti adalah bagian dari Cādhu Sakti yang mengacu pada pemahaman tentang Hyang Widhi Wasa sebagai penguasa dan pemimpin. Ini membantu siswa untuk menghormati otoritas dan memahami nilai kepemimpinan.

3. Jnana Sakti

Jnana Sakti adalah aspek Cādhu Sakti yang terkait dengan pengetahuan dan kebijaksanaan. Ini membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang agama Hindu dan nilai-nilainya.

4. Kriya Sakti

Kriya Sakti adalah bagian dari Cādhu Sakti yang menekankan tindakan dan perbuatan. Ini membantu siswa untuk menjalani kehidupan dengan tindakan yang baik dan bermanfaat.

Adapun rangkuman mengenai Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka untuk Bab 2 "Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai Cādhu Sakti" yang dikutip dari Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SD Kelas IV, Kurikulum Merdeka, yang diterbitkan oleh Kemdikbud Ristek dan Kementerian Agama adalah sebagai berikut:

°°°SELAMAT BEKERJA°°°

I. PILIHAN GANDA 

Berilah dengan tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling tepat!.

1. Apa yang kita lakukan diketahui oleh Hyāng Widhi Wasa, meskipun baru kita pikirkan namun pasti sudah diketahui oleh Hyāng Widhi Wasa. Hal tersebut dikarenakan sifat Hyang Widhi Wasa adalah....

 a. Maha Pencipta

 b. Maha Tahu

 c. Maha Pemelihara

 d. Maha Karya

2. Hyāng Widhi Wasa memiliki Gunā dan Swābahawa. Salah satu Gunā dari Hyāng Widhi Wasa yang berpenglihatan serba jauh disebut....

 a. Dura Srawana 

 b. Sarwajna

 c. Dura Darsana

 d. Wyapi Wyapaka

3. Setiap makhluk hidup mengalami kelahiran, kehidupan, dan kematian, karena hal ini merupakan hukum....

 a. Karmaphala

 b. Rtā

 c. Kesepakatan 

 d. Perjanjian

4. Hyāng Widhi Wasa berpendengaran tembus sehingga mampu mendengar suara yang sangat halus. Gunā dari Hyāng Widhi Wasa berpendengaran tembus disebut....

a. Dura Srawana

b. Dura Karya

c. Dura Darsana

d. Dura Sarwajna

5. Segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah karya/ciptaan Hyāng Widhi Wasa. Hyāng Widhi Wasa bersifat Maha Karya, dalam Cadhu Sakti disebut....

a. Jnana Sakti

b. Prabhu Sakti

c. Kriya Sakti

d. Wibhu Sakti

II. PILIHAN GANDA KOMPLEKS

Berilah dengan tanda centang () pada jawaban yang benar (jawaban dapat lebih dari 1).

6. Berikut ini kata dalam bahasa Sanskertā yang berarti empat adalah....

šŸ”²Cadhu                                      
šŸ”²Catur
šŸ”²Tri
šŸ”²Panca

7. Kata "Sakti" dalam Cadhu Sakti diistilah agama Hindu artinya....

šŸ”²Kekuatan
šŸ”²Kegelapan
šŸ”²Keiklasan
šŸ”²Kemahakuasaan                  

8. Kemahakuasaan Hyāng Widhi Wasa dibedakan menjadi 4 (empat) bagian. Berikut ini yang merupakan bagian dari Kemahakuasaan Hyāng Widhi Wasa adalah....

šŸ”²Kriya Sakti
šŸ”²Wyapi Wyapaka                  
šŸ”²Jnana Sakti
šŸ”²Prabhu Sakti

9. Kemahakuasaan Hyāng Widhi Wasa sebagai pencipta, pemelihara, dan pamrelina disebut....

šŸ”²Tri Sarira
šŸ”²Tri Purusa                             
šŸ”²Tri Kona
šŸ”²Tri Murthi

10. Hyāng Widhi Wasa mampu menciptakan apa saja sesuai dengan keinginan-Nya, karena Hyāng Widhi Wasa bersifat....

šŸ”²Maha Tahu
šŸ”²Maha Ada
šŸ”²Maha Kuasa                           
šŸ”²Maha Karya

Perhatikan tabel 1 dan tabel 2 dibawah ini untuk menjawab soal nomor 11-13!.

Tabel 1

NoGunāPengertian
1Dura DarsanaHyāng Widhi Wasa berpandangan tembus
2Dura SrawanaHyāng Widhi Wasa memiliki pendengaran tembus
3Dura SarwajnaHyāng Widhi Wasa merupakan sumber ilmu pengetahuan

Tabel 2

NoSwabhawaPengertian
1AnimaHyāng Widhi Wasa bisa bersifat kecil sekecil-kecilnya
2LaghimaHyāng Widhi Wasa bisa bersifat seringan-ringannya
3MahimaHyāng Widhi Wasa bersifat besar sebesar-besarnya
4PraptiHyāng Widhi Wasa sampai atau tiba ditempat yang dikehendaki
5PrakamyaKe manapun Hyāng Widhi Wasa hendak pergi, disana beliau sudah ada
6IsitwaHyāng Widhi Wasa bersifat sebagai raja diraja
7WasitwaHyāng Widhi Wasa bersifat Maha Kuasa
8Yatrakama wasayitwaHyāng Widhi Wasa dengan kekuasaannya akan mencapai segala apa yang dikehendaki-Nya

11. Cermati pernyataan tabel di atas, berilah dengan tanda centang () jika sesuai dengan isi tabel!.

šŸ”²Hyāng Widhi Wasa sebagai Jnana Sakti memiliki Gunā dan Swabhawa
šŸ”²Gunā Hyāng Widhi Wasa terdiri dari Dura Darsana, Srawana, dan Sarwajna
šŸ”²Hyāng Widhi Wasa berpandangan luas
šŸ”²Anima adalah Hyāng Widhi Wasa bersifat sebagai raja diraja

12. Cermati pernyataan tabel di atas, berilah dengan tanda centang () jika tidak sesuai dengan isi tabel!.

šŸ”²Dura Darsana adalah Hyāng Widhi Wasa berpandangan tembus
šŸ”²Wasitwa adalah Hyāng Widhi Wasa bersifat Maha Kuasa
šŸ”²Prapti adalah Hyāng Widhi Wasa berpandangan luas
šŸ”²Anima adalah Hyāng Widhi Wasa bersifat sebagai raja diraja

13. Cermati pernyataan tabel di atas, berilah dengan tanda centang () jika sesuai dengan isi tabel!.

šŸ”²Anima adalah Hyāng Widhi Wasa bersifat kecil sekecil-kecilnya
šŸ”²Prapti adalah Hyāng Widhi Wasa berpandangan luas 
šŸ”²Dura darsana adalah Hyāng Widhi Wasa berpandangan tembus
šŸ”²Wasitwa adalah Hyāng Widhi Wasa bersifat Maha Kuasa

14. Hyāng Widhi Wasa berkuasa atas ciptaan-Nya. Hyāng Widhi Wasa yang mengatur dan melindungi segala yang tercipta dan akan meniadakan apa yang pernah ada (pralina). Tidak akan ada seorang pun yang bisa menghindarinya, yang lahir pasti akan hidup dan yang hidup pasti akhirnya akan mati. Suatu lingkaran yang tidak bisa dihindari oleh siapapun, inilah kemahakuasaan Hyāng Widhi Wasa.

Cermati pernyataan di atas, berilah dengan tanda centang () jika sesuai dengan isi bacaan!.

šŸ”²Hyāng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Prabhu Sakti
šŸ”²Hyāng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Jnana Sakti
šŸ”²Hyāng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Kriya Sakti
šŸ”²Hyāng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Wibhu Sakti

15. Ada lautan yang luas, danau yang indah, gunung dan hamparan sawah yang luas, semua itu adalah hasil karya Hyāng Widhi Wasa. Adapun hasil karya manusia dengan akal dan pikirannya sangat terbatas. Manusia hanya bisa memanfaatkan dan mengolah yang sudah diciptakan oleh Hyang Widhi Wasa. Hyāng Widhi Wasa Maha Karya, beliau dapat menciptakan apa saja yang dikehendaki-Nya.

Cermati pernyataan di atas, berilah dengan tanda centang () jika sesuai dengan isi bacaan!.

šŸ”²Hyāng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Prabhu Sakti
šŸ”²Hyāng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Jnana Sakti
šŸ”²Hyāng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Kriya Sakti
šŸ”²Hyāng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Wibhu Sakti

III. URAIAN

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah berikut ini dengan benar!.

  1. Tuliskan bagian-bagian Cadhu Sakti!.
  2. Tuliskan guna dan Swabhawa dari Hyāng Widhi Wasa!.
  3. Jelaskan pemahaman kalian tentang kemahakuasaan Hyāng Widhi Wasa sebagai Prabhu Sakti!.
  4. Jelaskan pemahaman kalian tentang kemahakuasaan Hyāng Widhi Wasa sebagai Kriya Sakti!.
  5. Apakah kalian yakin akan hukum alam? Jelaskan apa yang kalian ketahui tentang Rtā!.

°°°SEMOGA SUKSES°°°

Kesimpulan

Cādhu Sakti adalah konsep penting dalam agama Hindu dan memiliki dampak besar dalam pembentukan karakter siswa. Dengan pemahaman yang baik tentang Cādhu Sakti, siswa dapat mengembangkan budi pekerti yang baik sesuai dengan nilai-nilai agama Hindu. Ini adalah langkah penting dalam menciptakan generasi yang berbudi luhur dan bertanggung jawab.

Semoga artikel Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka untuk Bab 2 "Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai Cādhu Sakti" ini bermanfaat dan memberikan wawasan yang mendalam tentang materi Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai Cādhu Sakti. Salam Gema Santi. Salam Pancasila. Salam Edukasi..!!!

⚠️DISCLAIMER:

  1. Soal Agama Hindu Bab 2 ini kami rangkum dari Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SD Kelas IV, yang ditulis oleh Komang Edi Putra dan diterbitkan oleh Kemdikbud Ristek dan Kementerian Agama, 2021.
  2. Tujuan dibuat soal Agama Hindu Bab 2 dalam artikel ini adalah untuk membantu guru dan siswa kelas 4 dalam Penilaian Formatif dan Penilaian Sumatif di SDN 3 Nyalian.
  3. Kunci jawaban soal Agama Hindu Bab 2 dalam artikel ini bersifat privasi (Dok. Pribadi SDN 3 Nyalian).

Post a Comment for "Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka: Bab 2 Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai Cadhu Sakti"