Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka: Bab 2 Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai Cadhu Sakti
Soal Agama Hindu Bab 2 Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai CÄdhu Sakti, Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. Pendidikan Agama Hindu memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan budi pekerti siswa. Salah satu konsep kunci dalam Agama Hindu adalah Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa dalam berbagai bentuk Sakti, salah satunya adalah CÄdhu Sakti.
Artikel ini akan membahas tentang pengertian CÄdhu Sakti, bagian-bagiannya, dan pentingnya dalam membentuk budi pekerti, disertai dengan Soal Agama Hindu untuk menguji pemahaman siswa SD Kelas 4."
Pentingnya CÄdhu Sakti dalam Kurikulum Merdeka
CÄdhu Sakti tidak hanya memengaruhi pemahaman agama Hindu, tetapi juga membentuk karakter siswa. Dalam Kurikulum Merdeka, siswa diajarkan untuk mengembangkan budi pekerti yang baik, dan pemahaman tentang CÄdhu Sakti dapat membantu mereka mencapai tujuan ini.
Bab 2: Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai CÄdhu Sakti
Berikut adalah materi Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka untuk Bab 2 "Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai CÄdhu Sakti" yang isinya terbagi dalam subbagian yang meliputi:
Definisi CÄdhu Sakti
CÄdhu Sakti adalah salah satu aspek Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa dalam agama Hindu. Ini merujuk pada kekuatan atau energi yang ada dalam alam semesta dan juga dalam diri manusia.
Pemahaman tentang CÄdhu Sakti sangat penting dalam Pendidikan Agama Hindu karena hal ini membantu siswa untuk mengembangkan budi pekerti yang baik. CÄdhu Sakti memengaruhi perilaku dan tindakan kita sehari-hari.
Bagian-Bagian CÄdhu Sakti
CÄdhu Sakti terdiri dari beberapa 4 (empat) bagian yang saling terkait. Berikut penjelasan singkat tentang setiap bagian:
1. Wibhu Sakti
Wibhu Sakti adalah aspek CÄdhu Sakti yang melibatkan pemahaman tentang keberadaan Hyang Widhi Wasa yang luas dan melingkupi segala sesuatu. Ini membantu siswa untuk merasa terhubung dengan alam semesta.
2. Prabhu Sakti
Prabhu Sakti adalah bagian dari CÄdhu Sakti yang mengacu pada pemahaman tentang Hyang Widhi Wasa sebagai penguasa dan pemimpin. Ini membantu siswa untuk menghormati otoritas dan memahami nilai kepemimpinan.
3. Jnana Sakti
Jnana Sakti adalah aspek CÄdhu Sakti yang terkait dengan pengetahuan dan kebijaksanaan. Ini membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang agama Hindu dan nilai-nilainya.
4. Kriya Sakti
Kriya Sakti adalah bagian dari CÄdhu Sakti yang menekankan tindakan dan perbuatan. Ini membantu siswa untuk menjalani kehidupan dengan tindakan yang baik dan bermanfaat.
Adapun rangkuman mengenai Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka untuk Bab 2 "Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai CÄdhu Sakti" yang dikutip dari Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SD Kelas IV, Kurikulum Merdeka, yang diterbitkan oleh Kemdikbud Ristek dan Kementerian Agama adalah sebagai berikut:
°°°SELAMAT BEKERJA°°°
I. PILIHAN GANDA
Berilah dengan tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling tepat!.
1. Apa yang kita lakukan diketahui oleh HyÄng Widhi Wasa, meskipun baru kita pikirkan namun pasti sudah diketahui oleh HyÄng Widhi Wasa. Hal tersebut dikarenakan sifat Hyang Widhi Wasa adalah....
a. Maha Pencipta
b. Maha Tahu
c. Maha Pemelihara
d. Maha Karya
2. HyÄng Widhi Wasa memiliki GunÄ dan SwÄbahawa. Salah satu GunÄ dari HyÄng Widhi Wasa yang berpenglihatan serba jauh disebut....
a. Dura Srawana
b. Sarwajna
c. Dura Darsana
d. Wyapi Wyapaka
3. Setiap makhluk hidup mengalami kelahiran, kehidupan, dan kematian, karena hal ini merupakan hukum....
a. Karmaphala
b. RtÄ
c. Kesepakatan
d. Perjanjian
4. HyÄng Widhi Wasa berpendengaran tembus sehingga mampu mendengar suara yang sangat halus. GunÄ dari HyÄng Widhi Wasa berpendengaran tembus disebut....
a. Dura Srawana
b. Dura Karya
c. Dura Darsana
d. Dura Sarwajna
5. Segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah karya/ciptaan HyÄng Widhi Wasa. HyÄng Widhi Wasa bersifat Maha Karya, dalam Cadhu Sakti disebut....
a. Jnana Sakti
b. Prabhu Sakti
c. Kriya Sakti
d. Wibhu Sakti
II. PILIHAN GANDA KOMPLEKS
Berilah dengan tanda centang (√) pada jawaban yang benar (jawaban dapat lebih dari 1).
6. Berikut ini kata dalam bahasa SanskertÄ yang berarti empat adalah....
š² | Cadhu |
š² | Catur |
š² | Tri |
š² | Panca |
7. Kata "Sakti" dalam Cadhu Sakti diistilah agama Hindu artinya....
š² | Kekuatan |
š² | Kegelapan |
š² | Keiklasan |
š² | Kemahakuasaan |
8. Kemahakuasaan HyÄng Widhi Wasa dibedakan menjadi 4 (empat) bagian. Berikut ini yang merupakan bagian dari Kemahakuasaan HyÄng Widhi Wasa adalah....
š² | Kriya Sakti |
š² | Wyapi Wyapaka |
š² | Jnana Sakti |
š² | Prabhu Sakti |
9. Kemahakuasaan HyÄng Widhi Wasa sebagai pencipta, pemelihara, dan pamrelina disebut....
š² | Tri Sarira |
š² | Tri Purusa |
š² | Tri Kona |
š² | Tri Murthi |
10. HyÄng Widhi Wasa mampu menciptakan apa saja sesuai dengan keinginan-Nya, karena HyÄng Widhi Wasa bersifat....
š² | Maha Tahu |
š² | Maha Ada |
š² | Maha Kuasa |
š² | Maha Karya |
Perhatikan tabel 1 dan tabel 2 dibawah ini untuk menjawab soal nomor 11-13!.
Tabel 1
No | GunÄ | Pengertian |
---|---|---|
1 | Dura Darsana | HyÄng Widhi Wasa berpandangan tembus |
2 | Dura Srawana | HyÄng Widhi Wasa memiliki pendengaran tembus |
3 | Dura Sarwajna | HyÄng Widhi Wasa merupakan sumber ilmu pengetahuan |
Tabel 2
No | Swabhawa | Pengertian |
---|---|---|
1 | Anima | HyÄng Widhi Wasa bisa bersifat kecil sekecil-kecilnya |
2 | Laghima | HyÄng Widhi Wasa bisa bersifat seringan-ringannya |
3 | Mahima | HyÄng Widhi Wasa bersifat besar sebesar-besarnya |
4 | Prapti | HyÄng Widhi Wasa sampai atau tiba ditempat yang dikehendaki |
5 | Prakamya | Ke manapun HyÄng Widhi Wasa hendak pergi, disana beliau sudah ada |
6 | Isitwa | HyÄng Widhi Wasa bersifat sebagai raja diraja |
7 | Wasitwa | HyÄng Widhi Wasa bersifat Maha Kuasa |
8 | Yatrakama wasayitwa | HyÄng Widhi Wasa dengan kekuasaannya akan mencapai segala apa yang dikehendaki-Nya |
11. Cermati pernyataan tabel di atas, berilah dengan tanda centang (√) jika sesuai dengan isi tabel!.
š² | HyÄng Widhi Wasa sebagai Jnana Sakti memiliki GunÄ dan Swabhawa |
š² | GunÄ HyÄng Widhi Wasa terdiri dari Dura Darsana, Srawana, dan Sarwajna |
š² | HyÄng Widhi Wasa berpandangan luas |
š² | Anima adalah HyÄng Widhi Wasa bersifat sebagai raja diraja |
12. Cermati pernyataan tabel di atas, berilah dengan tanda centang (√) jika tidak sesuai dengan isi tabel!.
š² | Dura Darsana adalah HyÄng Widhi Wasa berpandangan tembus |
š² | Wasitwa adalah HyÄng Widhi Wasa bersifat Maha Kuasa |
š² | Prapti adalah HyÄng Widhi Wasa berpandangan luas |
š² | Anima adalah HyÄng Widhi Wasa bersifat sebagai raja diraja |
13. Cermati pernyataan tabel di atas, berilah dengan tanda centang (√) jika sesuai dengan isi tabel!.
š² | Anima adalah HyÄng Widhi Wasa bersifat kecil sekecil-kecilnya |
š² | Prapti adalah HyÄng Widhi Wasa berpandangan luas |
š² | Dura darsana adalah HyÄng Widhi Wasa berpandangan tembus |
š² | Wasitwa adalah HyÄng Widhi Wasa bersifat Maha Kuasa |
14. HyÄng Widhi Wasa berkuasa atas ciptaan-Nya. HyÄng Widhi Wasa yang mengatur dan melindungi segala yang tercipta dan akan meniadakan apa yang pernah ada (pralina). Tidak akan ada seorang pun yang bisa menghindarinya, yang lahir pasti akan hidup dan yang hidup pasti akhirnya akan mati. Suatu lingkaran yang tidak bisa dihindari oleh siapapun, inilah kemahakuasaan HyÄng Widhi Wasa.
Cermati pernyataan di atas, berilah dengan tanda centang (√) jika sesuai dengan isi bacaan!.
š² | HyÄng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Prabhu Sakti |
š² | HyÄng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Jnana Sakti |
š² | HyÄng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Kriya Sakti |
š² | HyÄng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Wibhu Sakti |
15. Ada lautan yang luas, danau yang indah, gunung dan hamparan sawah yang luas, semua itu adalah hasil karya HyÄng Widhi Wasa. Adapun hasil karya manusia dengan akal dan pikirannya sangat terbatas. Manusia hanya bisa memanfaatkan dan mengolah yang sudah diciptakan oleh Hyang Widhi Wasa. HyÄng Widhi Wasa Maha Karya, beliau dapat menciptakan apa saja yang dikehendaki-Nya.
Cermati pernyataan di atas, berilah dengan tanda centang (√) jika sesuai dengan isi bacaan!.
š² | HyÄng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Prabhu Sakti |
š² | HyÄng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Jnana Sakti |
š² | HyÄng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Kriya Sakti |
š² | HyÄng Widhi Wasa dapat menciptakan segala yang ada, karena kekuasaan beliau sebagai Wibhu Sakti |
III. URAIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah berikut ini dengan benar!.
- Tuliskan bagian-bagian Cadhu Sakti!.
- Tuliskan guna dan Swabhawa dari HyÄng Widhi Wasa!.
- Jelaskan pemahaman kalian tentang kemahakuasaan HyÄng Widhi Wasa sebagai Prabhu Sakti!.
- Jelaskan pemahaman kalian tentang kemahakuasaan HyÄng Widhi Wasa sebagai Kriya Sakti!.
- Apakah kalian yakin akan hukum alam? Jelaskan apa yang kalian ketahui tentang RtÄ!.
°°°SEMOGA SUKSES°°°
Kesimpulan
CÄdhu Sakti adalah konsep penting dalam agama Hindu dan memiliki dampak besar dalam pembentukan karakter siswa. Dengan pemahaman yang baik tentang CÄdhu Sakti, siswa dapat mengembangkan budi pekerti yang baik sesuai dengan nilai-nilai agama Hindu. Ini adalah langkah penting dalam menciptakan generasi yang berbudi luhur dan bertanggung jawab.
Semoga artikel Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka untuk Bab 2 "Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai CÄdhu Sakti" ini bermanfaat dan memberikan wawasan yang mendalam tentang materi Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai CÄdhu Sakti. Salam Gema Santi. Salam Pancasila. Salam Edukasi..!!!
⚠️DISCLAIMER:
- Soal Agama Hindu Bab 2 ini kami rangkum dari Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SD Kelas IV, yang ditulis oleh Komang Edi Putra dan diterbitkan oleh Kemdikbud Ristek dan Kementerian Agama, 2021.
- Tujuan dibuat soal Agama Hindu Bab 2 dalam artikel ini adalah untuk membantu guru dan siswa kelas 4 dalam Penilaian Formatif dan Penilaian Sumatif di SDN 3 Nyalian.
- Kunci jawaban soal Agama Hindu Bab 2 dalam artikel ini bersifat privasi (Dok. Pribadi SDN 3 Nyalian).
Post a Comment for "Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka: Bab 2 Kemahakuasaan Hyang Widhi Wasa sebagai Cadhu Sakti"