Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka: Bab 3 Subha Asubha Karma
Berikut adalah materi Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka untuk Bab 3 "Subha Asubha Karma" yang isinya terbagi dalam subbagian yang meliputi:
Adapun rangkuman mengenai Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka untuk Bab 3 "Subha Asubha Karma" yang dikutip dari Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SD Kelas IV, Kurikulum Merdeka, yang diterbitkan oleh Kemdikbud Ristek dan Kementerian Agama adalah sebagai berikut:
°°°SELAMAT BEKERJA°°°
I. PILIHAN GANDA
Berilah dengan tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat!.
1. Ajaran yang menuntun kita untuk berbudi pekerti luhur adalah....
a. Catur Wara
b. Catur Paramita
c. Catur Asrama
d. Catur Purusa Artha
2. Seorang manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain dalam hidupnya. Perbuatan apapun yang kalian lakukan pasti akan ada timbal baliknya. Adapun tiga perbuatan untuk mewujudkan kesejahteraan hidup adalah....
a. Tri Murthi
b. Tri Kaya Parisudha
c. Tri Parartha
d. Tri Mala
3. Savitri rajin sembahyang. Ia taat memuja HyÄng Widhi Wasa. BhÄkti kepada HyÄng Widhi Wasa dalam Tri Parartha disebut....
a. Asih
b. Punia
c. BhÄkti
d. Puja
4. Berikut ini pernyataan yang benar tentang bagian-bagian Catur ParamitÄ adalah....
a. Maitiri artinya tidak suka bersahabat
b. Karuna artinya berempati kepada sesama
c. Mudita artinya belas kasih atau kasih sayang kepada sesama
d. UpƩksa artinya tidak ikut campur urusan orang lain
5. Berpikir, berkata, dan berbuat yang tidak baik disebut....
a. Manacika, wacika, kayika
b. Moha, mada, kasmala
c. Asih, punia, bhÄkti
d. Semua benar
II. PILIHAN GANDA KOMPLEKS
Berilah dengan tanda centang (√) pada jawaban yang benar (jawaban dapat lebih dari 1).
6. Berikut ini adalah pernyataan yang tidak benar adalah....
| š² | SubhÄ karma adalah perbuatan yang buruk |
| š² | Asubha karma adalah perbuatan yang baik |
| š² | SubhÄ dan AsubhÄ karma adalah perbuatan yang baik |
| š² | SubhÄ karma perbuatan yang baik dan AsubhÄ karma perbuatan yang buruk |
7. Berikut ini yang merupakan ajaran SubhÄ Karma adalah....
| š² | Tri Parartha |
| š² | Tri Kaya Parisudha |
| š² | Tri Mala |
| š² | Catur ParamitÄ |
8. Berikut ini arti dari kata "tri" dan "catur" adalah....
| š² | Satu dan dua |
| š² | Dua dan tiga |
| š² | Tiga dan empat |
| š² | Empat dan lima |
9. Tri Kaya ParisudhÄ mengajarkan tentang dasar-dasar....
| š² | Bersahabat baik |
| š² | Berperilaku baik |
| š² | Berpikir baik |
| š² | Berkata baik |
10. Manacika, Wacika, dan Kayika merupakan bagian dari Tri Kaya Parisudha. Yang mengandung kata tiga dalam ajaran SubhÄ Karma adalah….
| š² | Catur ParamitÄ |
| š² | Tri Kaya Parisudha |
| š² | Tri Parartha |
| š² | Tri Mala |
11. Tiga perilaku yang baik atau suci meliputi: Kayika ParisudhÄ artinya berperilaku yang baik, Wacika ParisudhÄ artinya berkata yang sopan, dan Manacika ParisudhÄ artinya berpikir akan kebaikan semua makhluk.
Cermati pernyataan di atas, kemudian berilah dengan tanda centang (√) jika sesuai dengan isi bacaan!.
| š² | Savitri selalu berkata sopan, itu artinya Savitri telah melaksanakan ajaran wacika parisudha |
| š² | Aditya berperilaku baik, itu artinya Aditya telah melaksanakan ajaran kayika parisudha |
| š² | Tri Kaya Parisudha mudah dikatakan, namun sulit dilaksanakan |
| š² | Tri Kaya Parisudha merupakan bagian dari ajaran subha karma |
12. Tri ParÄrtha artinya tiga macam perbuatan untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan hidup, di antaranya yaitu Asih artinya cinta kasih, Punia artinya pemberian dengan tulus, dan BhÄkti artinya hormat dan bhÄkti.
Cermati pernyataan di atas, kemudian berilah dengan tanda centang (√) jika tidak sesuai dengan isi bacaan!.
| š² | Punia artinya pemberian dengan tulus |
| š² | Tri Parartha terdiri dari asih, punia, dan BhÄkti |
| š² | Tri Parartha merupakan bagian dari ajaran asubha karma |
| š² | Asih artinya hormat dan bhakti |
13. BhÄkti kepada HyÄng Widhi Wasa merupakan suatu keharusan karena HyÄng Widhi Wasa sebagai sumber segala yang ada di dunia ini. Berkat karunia HyÄng Widhi Wasa, kita semua bisa hidup. BhÄkti kepada orang tua merupakan suatu kewajiban karena orang tua telah berjasa melahirkan dan merawat kalian hingga saat ini. BhÄkti kepada guru dikarenakan gurulah yang berjasa mendidik dan mengajar sehingga kita menjadi anak yang berbudi pekerti dan memiliki pengetahuan.
Cermati pernyataan di atas, kemudian berilah dengan tanda centang (√) jika sesuai dengan isi bacaan!.
| š² | BhÄkti kepada guru juga disebut Bhakti kepada HyÄng Widhi Wasa |
| š² | BhÄkti kepada orang tua karena telah berjasa mendidik dan mengajar |
| š² | BhÄkti artinya sikap hormat atau sujud |
| š² | BhÄkti kepada HyÄng Widhi Wasa dengan cara sembahyang |
14. Dalam kitab Sarasamusccaya ditegaskan bahwa hakikat terlahir sebagai manusia adalah untuk meningkatkan kualitas diri dari perbuatan buruk (AsubhÄ Karma) menjadi perbuatan baik (SubhÄ Karma). Dijelaskan pula dalam kitab Sarasamuccaya bahwa lahir sebagai manusia sangat utama. Karena manusia mempunyai akal budi dan pikiran yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya.
Cermati pernyataan di atas, kemudian berilah dengan tanda centang (√) jika sesuai dengan isi bacaan!.
| š² | Ajaran SubhÄ dan AsubhÄ karma terdapat dalam kitab Sarasamuccaya |
| š² | Lahir sebagai manusia merupakan reinkarnasi |
| š² | Terlahir sebagai manusia adalah untuk meningkatkan kualitas diri |
| š² | Terlahir sebagai manusia sangat utama |
15. Catur ParamitÄ adalah salah satu ajaran SubhÄ Karma. Kata Catur ParamitÄ berasal dari bahasa Sanskerta. Catur berarti empat, ParamitÄ berarti sifat dan sikap yang utama, juga berarti budi luhur/perbuatan terpuji. Jadi, Catur ParamitÄ artinya empat macam sifat dan sikap yang utama yang patut dijadikan landasan bertingkah laku.
Cermati pernyataan di atas, kemudian berilah dengan tanda centang (√) jika tidak sesuai dengan isi bacaan!
| š² | Catur artinya empat |
| š² | Catur Paramita terdiri dari maitri, karuna, mudita, dan upĆ©ksa |
| š² | Catur Paramita juga diartikan empat budi luhur/perbuatan terpuji |
| š² | Paramita berarti sifat dan sikap yang utama |
III. URAIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!.
- Jelaskan pengertian SubhÄ dan AsubhÄ Karma!.
- Mengapa kita perlu mempelajari ajaran SubhÄ dan AsubhÄ Karma?.
- Tuliskan alasan kalian mengapa kita harus melaksanakan ajaran Catur ParamitÄ!.
- Tulislah bagian-bagian Tri MalÄ beserta artinya sesuai dengan pemahamanmu!.
- Mengapa kita harus mempelajari dan menghindari ajaran Tri MalÄ dalam kehidupan sehari-hari?.
°°°SEMOGA SUKSES°°°
Semoga artikel Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka untuk Bab 3 "Subha Asubha Karma" ini bermanfaat dan memberikan wawasan yang mendalam tentang materi Subha Asubha Karma. Salam Gema Santi. Salam Pancasila. Salam Edukasi..!!!
⚠️DISCLAIMER:
- Soal Agama Hindu ini kami rangkum dari Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SD Kelas IV, yang ditulis oleh Komang Edi Putra dan diterbitkan oleh Kemdikbud Ristek dan Kementerian Agama, 2021.
- Tujuan dibuat soal Agama Hindu dalam artikel ini adalah untuk membantu guru dan siswa kelas 4 dalam Penilaian Formatif dan Penilaian Sumatif di SDN 3 Nyalian.
- Kunci jawaban soal Agama Hindu dalam artikel ini bersifat privasi (Dok. Pribadi SDN 3 Nyalian).
Post a Comment for "Soal Agama Hindu Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka: Bab 3 Subha Asubha Karma"