Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Program Kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 (Ganjil) di SDN 3 Nyalian

Program Kegiatan, Penilaian Akhir Semester 1, SDN 3 Nyalian, Ganjil, Jadwal Pelaksanaan, Review Materi, Test Tertulis, Test Praktik, Penilaian Berkelanjutan, Keterlibatan Orang Tua, Rapat Orang Tua-Guru, Pengumuman Hasil, Pembahasan Capaian Siswa, Lingkungan Pendidikan, Pengembangan Holistik

"Ilustrasi gambar cover Program Kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 (Ganjil) di SDN 3 Nyalian". (Sumber: Dok. Pribadi SDN 3 Nyalian).

Program Kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 (Ganjil). Sekolah SDN 3 Nyalian tengah mempersiapkan pelaksanaan Program Kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 (Ganjil). Program ini menjadi tonggak penting dalam menilai pencapaian siswa selama satu semester.

Artikel ini akan mengulas mendalam mengenai Program Kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 (Ganjil) di SDN 3 Nyalian dari tahap persiapan, pelaksanan hingga pelaporan.

Berikut adalah rangkuman Program Kegiatan Penilaian Akhir (PAS) yang akan dilaksanakan sebagai bagian dari evaluasi/penilaian akhir semester 1 (ganjil).

KATA PENGANTAR

Om Swastyastu,

Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan anugrah-Nya, sehingga kami dapat menyusun “Program Kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2023/2024” terselesaikan tepat pada waktunya. 

Dalam program ini pada dasarnya memuat acuan kerja Operasional Penilaian Akhir Semester 1 (Ganjil), sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik, tertib, aman dan lancar sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dan kegiatan ini diadakan selama satu semester (Enam Bulan).

Penilaian Akhir Semester (PAS), adalah kegiatan (tes) yang dilakukan oleh pendidik dan atau Pemerintah untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester 1 (Ganjil). Cakupan penilaian meliputi seluruh materi yang merepresentasikan semua mata pelajaran pada semester tersebut.

Program ini dapat pula berfungsi sebagai bahan informasi serta masukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka supervisi atau pemantauan terhadap pelaksanaan Penilaian Akhir Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2023/2024 di SD Negeri 3 Nyalian. 

Karena keterbatasan kemampuan kami maka program ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami terbuka untuk menerima saran, kritik, dan masukan dari semua pihak agar kami dapat melakukan perbaikan dan penyempurnaan dimasa yang akan datang. Dan tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung berjalannya kegiatan ini.

Akhirnya, penyusun mengharapkan program ini dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2023/2024 dan Sekaligus sebagai bahan evaluasi program kerja berikutnya.

Om Santih, Santih, Santih, Om.

Nyalian, 21 November 2023

Penyusun,

DAFTAR ISI

COVER

KATA PENGANTAR 

DAFTAR ISI 

PROGRAM KEGIATAN

A. PENDAHULUAN 

B. DASAR KEGIATAN 

C. NAMA KEGIATAN 

D. MAKSUD DAN TUJUAN 

E. SASARAN KEGIATAN 

F. PELAKSANAAN PAS

  1. Tahap Persiapan 
  2. Tahap Pelaksanaan 
  3. Tahap Pelaporan

G. KEPANITIAAN 

H. ANGGARAN BIAYA 

I. PENUTUP 

PROGRAM KEGIATAN PAS 1

PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) 1 (GANJIL)
TAHUN AJARAN 2023/2024
SDN 3 NYALIAN

A. PENDAHULUAN

Evaluasi atau penilaian merupakan sesuatu kegiatan yang mutlak ada dalam dunia pendidikan. Evaluasi bertujuan untuk memperbaiki segala hal yang berkaitan dengan mencapai tujuan akhir hasil proses pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil dari evaluasi berguna bagi semua stakeholder yang berkepentingan dalam penyelenggaraan proses belajar-mengajar.

Oleh karena itu, kegiatan penilaian/evaluasi sangat diperlukan dalam pendidikan. Melihat urgensi tahapan evaluasi/ penilaian dalam pendidikan, tidak heran jika evaluasi dilaksanakan tidak hanya satu kali selama proses kegiatan belajar mengajar (KBM).

Evaluasi tidak hanya dilakukan dalam frekuensi tertentu, tetapi juga dalam berbagai bentuk dengan menggunakan berbagai macam instrument dan untuk berbagai tujuan. Semua langkah ini diambil untuk memeroleh informasi yang akurat tentang tingkat pemahaman siswa, efektivitas pembelajaran, dan sebagainya.

Salah satu rangkaian evaluasi Tertulis dalam jenjang pendidikan formal, terutama tingkat SD, adalah pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (Test Formatif). Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan kegiatan evaluasi/ penilaian terhadap proses kegiatan belajar mengajar yang diadakan pada akhir semester untuk mengetahui pencapaian KKM dari kompetensi pembelajaran yang telah disusun dalam program semester.

Berdasarkan hasil dari pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS), seorang guru dapat mengetahui dengan pasti tingkat pencapaian prestasi belajar siswa yang dapat dianalisa untuk kepentingan perbaikan proses pembelajaran. Melalui langkah ini, akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di masa depan. Selain itu, juga memberikan kontribusi positif terhadap proses perbaikan penyajian materi oleh guru yang bersangkutan.

Materi Penilaian Akhir Semester (PAS) meliputi seluruh mata pelajaran dan mencakup semua kompetensi pembelajaran yang dipelajari pada setiap semester untuk kelas yang bersangkutan. Ruang lingkup materi dikelompokkan menurut aspek-aspek mata pelajaran sesuai dengan yang tercantum dalam buku Raport, kecuali aspek mata pelajaran yang penilaiannya hanya dapat dilakukan dengan pengamatan selama proses pembelajaran. Jenis evaluasi/ penilaian yang dilakukan dalam Penilaian Akhir Semester (PAS) berupa Test Tertulis dan Praktek, sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran serta Kurikulum yang berlaku.

Untuk pencapaian hasil yang maksimal dan dapat dipertanggungjawabkan serta dapat terarahnya pelaksanaan evaluasi/penilaian ini, maka sesuai dengan kebijakan dan petunjuk yang sudah diberikan oleh Kepala Sekolah, kami berusaha merencanakan dan menuangkannya dalam sebuah program yang diharapkan dapat menjadi acuan bagi pelaksanaan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) tersebut sesuai dengan tuntutan kurikulum dan kompetensi siswa yang ditetapkan secara nasional. Dengan mengacu pada program sebagai pedoman dalam pelaksanaan setiap kegiatan, hasilnya akan menjadi lebih maksimal dan terarah sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai.

B. DASAR KEGIATAN

Rangkaian kegiatan ini didasarkan pada sejumlah undang-undang dan peraturan, meliputi:

  1. UU Nomor: 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. UU Nomor: 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor: 4 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP);
  4. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan;
  5. Peraturan Pemerintah Nomor: 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian;
  6. Permendikbud Nomor: 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;
  7. Keputusan Mendiknas RI Nomor: 125/U/2002 tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Belajar Efektif di Sekolah;
  8. Kalender Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2023/2024;
  9. Program Kerja KOSP SDN 3 Nyalian Tahun Pelajaran 2023/2024.

C. NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini diberi nama adalah “Penilaian Akhir Semester (PAS) Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2023/2024 di SD Negeri 3 Nyalian”. Nama kegiatan menjadi identitas yang menggambarkan tujuan utama evaluasi/ penilaian ini.

D. MAKSUD DAN TUJUAN

Berdasarkan uraian latar belakang tersebut di atas, maka adapun maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) ini adalah:

  1. Mengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama satu semester (Enam Bulan) pelaksanaan KBM.
  2. Mengukur tingkat penguasaan kompetensi materi pelajaran.
  3. Mengukur kemampuan dan keberhasilan profesionalisme guru.
  4. Mengukur pencapaian target Kurikulum.
  5. Diagnosis kesulitan belajar. 
  6. Memberikan umpan balik dalam proses pembelajaran.
  7. Sebagai bahan program tindak lanjut Pengayaan yang dilakukan oleh guru.
  8. Mengukur prestasi dan daya serap siswa pada seluruh materi pelajaran.
  9. Bahan Penilaian Laporan Pendidikan Semester 1
  10. Sebagai laporan perkembangan siswa kepada orang tua, pemerintah maupun masyarakat.

E. SASARAN KEGIATAN

Sasaran kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2023/2024 ini adalah mencakup seluruh siswa-siswi Kelas I s/d kelas VI SDN 3 Nyalian.

Menyasar seluruh tingkatan kelas memastikan seluruh populasi siswa terlibat dalam proses evaluasi/ penilaian ini.

F. PELAKSANAAN PAS

Pelaksanaan kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 di SDN 3 Nyalian, meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

1. Tahap Persiapan

  • Pembentukan Panitia
  • Pendataan Peserta Test
  • Penataan Tempat Duduk Peserta 
  • Pembuatan Program 
  • Pelaksanaan Test
  • Pembuatan Format-Format/ Instrument.

2. Tahap Pelaksanaan

1) Jenis Kegiatan

  • Pengadaan/Pengambilan Naskah Soal PAS
  • Melaksanakan PAS Tertulis
  • Melaksanakan PAS Praktek
  • Mengadakan Pengawasan dan Pemeriksaan

2) Waktu dan Tempat

a. PAS Tertulis

Kegiatan-kegiatan yang menyangkut pelaksanaan evaluasi Penilaian/ Akhir Semester (PAS) Tertulis adalah:

  • PAS Tertulis Semester 1 dilaksanakan mulai tanggal 27 November 2023 s/d 1 Desember 2023, jadwal terlampir (KLIK DISINI). 
  • Pelaksanaan evaluasi/ penilaian untuk Kelas II, III, V-VI berdasarkan prinsip-prinsip Kurikulum 2013. Sedangkan untuk Kelas I dan IV berdasarkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka.
  • PAS Tertulis dilaksanakan di ruang Kelas I s/d VI SDN 3 Nyalian.

b. PAS Praktek

  • Kegiatan-kegiatan yang menyangkut pelaksanaan evaluasi Penilaian Akhir Semester (PAS) Praktek adalah:
  • PAS Praktek Semester 1 dilaksanakan mulai tanggal 21 November 2023 s/d 24 November 2023 dan dilaksanakan sebelum/dan sesudah PAS Tertulis, jadwal terlampir (KLIK DISINI).
  • Penyusunan Instrument kegiatan Praktek diserahkan kepada Guru Kelas/ Mapel masing-masing.
  • PAS Praktek (PJOK) dilaksanakan di lapangan.

3) Jumlah Peserta

Peserta Penilaian Akhir Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah peserta didik kelas I s/d VI SDN 3 Nyalian, dengan rincian sebagai berikut:

NO KELAS JENIS KELAMIN JUMLAH
LAKI-LAKI PEREMPUAN
1 I 5 2 7
2 II 10 4 14
3 III 5 3 8
4 IV 3 8 11
5 V 5 6 11
6 VI 9 10 19
TOTAL 37 33 70

4) Pengawasan

Pengawasan PAS Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 dari mulai Kelas I s/d VI diserahkan kepada Guru Kelas/Mapel masing-masing.

5) Pemeriksaan

Pemeriksaan hasil PAS Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 dari mulai Kelas I s/d VI diserahkan kepada Guru Kelas/Mapel masing-masing.

3. Tahap Pelaporan

  • Pemeriksaan hasil PAS Semester 1
  • Penilaian hasil PAS Semester 1 
  • Menganalisis Hasil PAS Semester 1
  • Perbaikan/Pengayaan (bila diperlukan)
  • Menyusun Daftar Kolektif Nilai (DKN) PAS Semester 1
  • Menentukan Nilai Rata-rata hasil PAS Semester 1
  • Presentase Target Kurikulum dan Taraf Serap
  • Menentukan dan Pengisian Nilai Buku Laporan Pendidikan (Raport).

G. KEPANITIAAN

Untuk lebih terkoordinasinya pelaksanaan Penilaian Akhir Semester 1 dan untuk mencapai hasil yang maksimal, maka sekolah penyelenggara membentuk panitia khusus yang bertanggungjawab terhadap seluruh kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kepanitiaan dibentuk dan diputuskan melalui rapat pembentukan panitia pada tanggal 20 November 2023. Panitia terdiri dari unsur Dewan Guru dan Staf Pegawai yang berada di SDN 3 Nyalian (SK Susunan panitia terlampir).

H. ANGGARAN BIAYA

Anggaran biaya yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut sepenuhnya bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang tertuang dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) Tahun Anggaran 2023.

I. PENUTUP

Program ini dibuat sebagai pedoman pelaksanaan Penilaian Akhir Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2023/2024, dengan maksud agar semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Kami sampaikan terima kasih atas bantuan dan kerjasama pihak-pihak yang membatu dan mendukung kegiatan ini.

Akhirnya, semoga kegiatan ini dapat terselenggara sesuai dengan yang diharapkan serta bermanfaat dan mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan khususnya di SDN 3 Nyalian.

Adapun hal - hal yang belum diatur dalam program ini akan disampaikan lebih lanjut sesuai dengan peraturan atau petunjuk teknis pelaksanaan ulangan yang berlaku.

Nyalian, 21 November 2023

PANITIA PELAKSANAAN PAS/SAS I (GANJIL)
SDN 3 NYALIAN


Ketua PanitiaSekretaris,




...................... ......................

NIP. ................ NIP..................


Mengetahui,
Kepala Sekolah,



......................................
NIP. ...........................


#LAMPIRAN-LAMPIRAN

  • SK Kepanitiaan Penilaian Akhir Semester 1 TP. 2023/2024
  • Jadwal Penilaian Akhir Semester 1 TP. 2023/2024
  • Tata Tertib Peserta Penilaian Akhir Semester 1 TP. 2023/2024
  • Pengaturan Tanda Bel Penilaian Akhir Semester 1 TP. 2023/2024
  • Daftar Peserta Penilaian Akhir Semester 1 TP. 2023/2024
  • Daftar Panitia Penilaian Akhir Semester 1 TP. 2023/2024

Kesimpulan

Program Kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 di SDN 3 Nyalian bukan hanya tentang memberikan nilai, tetapi juga mengidentifikasi potensi dan memberikan dukungan bagi setiap siswa.

Dengan melibatkan berbagai elemen, program ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan holistik siswa dan menciptakan fondasi yang kuat untuk semester berikutnya.

Semoga artikel rangkuman Program Kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 di SDN 3 Nyalian ini bermanfaat dan menambah wawasan. Salam Gema Santi. Salam Edukasi..!!!

Post a Comment for "Program Kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 (Ganjil) di SDN 3 Nyalian"