Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Panduan Penilaian Observasi Kinerja Guru oleh Kepala Sekolah di PMM

Penilaian Observasi Kinerja Guru, Kepala Sekolah, Panduan, Merdeka Mengajar, PMM, Pengelolaan Kinerja, Guru, Observasi Kinerja, Rubrik Observasi, Perilaku Kerja, Penilaian Kinerja

"Illustrasi gambar Kepala Sekolah Melakukan Observasi Kinerja Guru di Platform Merdeka Mengajar (PMM)." (Sumber: PMM).

Panduan Penilaian Observasi Kinerja Guru oleh Kepala Sekolah di PMM. Dalam pengelolaan kinerja di dunia pendidikan, evaluasi menjadi salah satu tahapan penting untuk memastikan efektivitas pembelajaran. Salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan adalah melalui observasi kinerja Guru di kelas.

Kepala Sekolah memiliki peran sentral dalam proses ini, di mana mereka melakukan penilaian terhadap kinerja Guru berdasarkan praktek langsung di kelas.

Dalam panduan ini, akan dibahas langkah-langkah dan prosedur untuk melakukan penilaian observasi kinerja Guru dengan menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Langkah-langkah yang tepat dalam melakukan penilaian ini penting untuk memastikan kualitas pembelajaran yang optimal dan perkembangan profesionalisme Guru.

Dalam artikel ini, kami akan membahas panduan langkah demi langkah untuk melakukan penilaian observasi kinerja guru oleh kepala sekolah menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Tahapan Penilaian Observasi

Pada tahap Penilaian Observasi, Kepala Sekolah mengevaluasi kualitas pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh Guru melalui observasi kelas. Proses ini mencakup penilaian berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.

Persiapan

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki akses ke fitur penilaian observasi di PMM dan persiapkan segala hal yang diperlukan secara teknis dan administratif.

Pelaksanaan Observasi

Pelaksanaan penilaian observasi kinerja guru merupakan langkah penting dalam memastikan kualitas pendidikan.

Berikut adalah panduan lengkap pelaksanaan Penilaian Observasi Kinerja Guru oleh Kepala Sekolah di Platform Merdeka Mengajar (PMM):

1. Untuk memulai proses Penilaian Observasi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengklik tombol "Nilai". Ini akan membuka akses untuk memberikan penilaian berdasarkan hasil Observasi Praktik Kinerja yang telah dilakukan sebelumnya.

Dengan mengklik tombol ini, Kepala Sekolah dapat memulai evaluasi kinerja Guru dengan lebih terstruktur dan sistematis.

2. Kemudian, pada Halaman Dokumen Penilaian Observasi, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dan diperhatikan yaitu:

  • Pastikan nama Guru yang ingin Anda observasi sudah sesuai dengan data yang tersedia. Ini penting untuk memastikan bahwa penilaian dilakukan pada Guru yang dimaksud.
  • Gunakan fitur "Apa tujuan Rubrik ini?" untuk memahami maksud dan tujuan dari rubrik yang akan Anda isi. Ini membantu dalam memberikan penilaian yang lebih tepat dan relevan.
  • Klik tombol "Cek Rubrik Observasi" untuk mengetahui Target Perilaku berdasarkan sub indikator yang dipilih oleh Guru. Hal ini memungkinkan untuk melihat secara detail aspek-aspek yang akan dinilai.
  • Pilihlah penilaian perilaku target yang dilakukan oleh Guru berdasarkan fokus observasi dan upaya dalam praktik kerjanya, dengan mengacu pada sub-indikator yang telah ditetapkan oleh Kepala Sekolah. Ini membantu dalam memberikan penilaian yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.
  • Berikan catatan jika diperlukan untuk Penilaian Target Perilaku yang diberikan. Catatan ini dapat membantu dalam memberikan feedback yang lebih konkret kepada Guru.
  • Berikan Rekomendasi tindak lanjut yang harus dilakukan oleh Guru untuk meningkatkan Praktik Kinerja. Rekomendasi ini merupakan langkah konstruktif untuk membantu Guru dalam pengembangan profesionalnya.
  • Lakukan pengecekan pada dokumen Bukti Dukung berupa RPP/ Bahan Ajar yang diunggah oleh Guru. Ini penting sebagai bahan peninjauan terhadap upaya yang telah dilakukan oleh Guru dalam pelaksanaan pembelajaran.

3. Langkah selanjutnya dalam proses Penilaian Observasi, jika Anda sudah memberikan penilaian dan rekomendasi tindak lanjut berdasarkan Observasi Praktik Kinerja, Anda memiliki dua opsi:

  • Klik tombol "Kumpulkan" jika Anda ingin menyerahkan penilaian tersebut. Ini menandakan bahwa penilaian Anda sudah selesai dan akan diserahkan.
  • Atau, jika Anda perlu berhenti sejenak dan melanjutkan pengisian di lain waktu, klik tombol "Simpan Draf". Dengan ini, Anda dapat menyimpan progres penilaian Anda dan melanjutkannya kapan pun sesuai kebutuhan.

4. Setelah memilih opsi yang sesuai, akan muncul tampilan konfirmasi untuk memastikan bahwa Nilai Observasi dapat dikumpulkan. Jika nilai yang Anda berikan sudah sesuai, pilih Ceklis dan klik "Kumpulkan".

Namun, jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang atau perubahan, klik "Kembali". Harap dicatat bahwa rating tidak dapat diubah setelah dikumpulkan.

5. Dengan menyelesaikan langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil menyelesaikan Penilaian Kinerja untuk Dokumen Nilai Observasi Kelas.

Untuk tahap selanjutnya tentang Panduan Penilaian Dokumen Tindak Lanjut Kinerja Guru oleh Kepala Sekolah di PMM [Klik Disini].

Hal Penting dalam Penilaian Observasi

  • Konsistensi dalam penilaian merupakan aspek yang sangat penting untuk memastikan keadilan dan akurasi.
  • Memberikan kesempatan untuk revisi sebelum pengumpulan penilaian merupakan langkah yang memungkinkan pihak yang memberi penilaian untuk merefleksikan dan memperbaiki penilaian mereka.
  • Penggunaan bukti dukung sebagai referensi dalam penilaian sangat penting untuk memastikan bahwa penilaian didasarkan pada fakta dan kinerja yang nyata.
  • Kepatuhan terhadap prosedur penilaian yang telah ditetapkan dapat memastikan keobjektifan dan keadilan dalam proses penilaian.
  • Memberikan umpan balik yang jelas dan konstruktif kepada guru setelah observasi dapat membantu mereka untuk terus meningkatkan kinerja mereka.
  • Melibatkan guru dalam proses penilaian dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk memberikan masukan dapat meningkatkan transparansi dan kepercayaan dalam sistem penilaian.

Kesimpulan

Penilaian observasi kinerja guru adalah langkah krusial dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dalam proses Penilaian Observasi Kinerja Guru oleh Kepala Sekolah di PMM, langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas menjadi panduan yang sangat penting. Melalui tahap-tahap tersebut, Kepala Sekolah dapat melakukan evaluasi yang komprehensif terhadap kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh Guru di Kelas.

Dengan memahami dan mengikuti langkah-langkah ini, diharapkan pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah di PMM dapat dilakukan secara efektif dan efisien, sehingga memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kinerja Guru dan mutu pendidikan secara keseluruhan.

Demikian informasi tentang Panduan Penilaian Observasi Kinerja Guru oleh Kepala Sekolah di PMM ini. Semoga artikel ini bermanfaat!. Salam Gema Santi. Salam Edukasi..!!!

Sumberhttps://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/

Post a Comment for "Panduan Penilaian Observasi Kinerja Guru oleh Kepala Sekolah di PMM"